BELAJAR
MENULIS GELOMBANG 9
RESUME
24
Hari
/Tanggal : Selasa, 12 Mei 2020
Waktu : Pukul 13.00 – 15.00
Pemateri : Arif Darmadiansyah, Alor, NTT
Topik : Berbagi Pengalaman Mengenai
Inovasi Pembelajaran di Ajang Nasional
TK N Pembina Bojongsari Purbalingga
Resume :
ARIF DARMADIANSAH
SMAN PROBUR – ALOR - NTT
Riwayat
Hidup
Nama
Lengkap :
Arif Darmadiansah, S.Pd., Gr
Email :
darmadiansah.arif@gmail.com
Bidang Keahlian : Biologi dan Komputer
Instansi : SMA Negeri Probur, Kab Alor, Prop Nusa
Tenggara Timur Alamat rumah : Teluk Mutiara (depan PMI kalabahi) Nomor
50 Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT) Prestasi
yang pernah diraih:
Juara II Inovasi Pembelajaran
Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional - 2016
Finalis Lomba Pendidikan
Karakter Bangsa Jenjang SMA/SMK Tingkat
Nasional – 2017
Penerima
Research Grant SEAMEO – 2017
Juara I Inovasi Pembelajran
Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional – 2018
Peserta Shortcourse Digital Tool MOOCs di Charles Darwin University – 2019
Delegasi Indonesia dalam
Shortcourse Asessment Purpose for
teacher science Recsam Penang –
Malaysia – 2019
Juara I Guru Dedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019
Judul Buku dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir):
1.
Digital Learning 4.0 untuk Pendidikan Indonesia
ISBN 978-623-91182-6-6 Tahun 2019
2.
Merajut benang kemandirian melalui tambang
kemaritiman ISBN 978-602-
6245-27-4 Tahun 2019
3.
Jurnal : Engineering Edu Jurnal Ilmiah
pendidikan dan Ilmu Teknik. LIPI. (2017)
4.
Jurnal : Prosiding Lomba Inovasi pembelajaran
Kesharlindung Dikmen Kemdikbud. (2017)
5.
Buku Latihan : Biologi GOKIL 100% (Gol Kilat
Tembus Nilai 100 UN) (2016)
6.
Buku Pelajaran :Biologi 2 Untuk SMA Kelas XI
Semester 2 (2015)
7.
Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gool Kilat Tembus
Nilai 100) Ujian Nasional (UN) SMP (2014)
8.
Buku Latihan : Tembus PTN (Perguruan Tinggi
Negeri) (2013)
9.
Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gol Kilat Tembus
Nilai 100) UN dan USBN Sekolah Dasar (SD) (2013)
Seorang
guru Biologi berbagi pengalaman mengenai kompetisi inobel di tingkat nasional,
Ia aslinya solo namun mengabdi di Alor NTT. Sebelumnya peserta bisa menyimak
terlebih dahulu mengenai inovasi yang dilakukan dalam video youtube yang sudah
di share. Pertama kali mengikuti inobel
tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana untuk membuat kelas
menjadi menarik dan menyenangkan.
Selain
itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada sarana
prasarana yang mencukupi. ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau
potensi. Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan
di sekolah dengan kondisi sekolah Beliau yang tidak ada listrik dan sinyal telp
apalagi internet.
Kemudian
beliau mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Bisa media, bahan
ajar, atau lainnya. Menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk
mengikuti kompetisi Karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas,
eksperimen atau yang saya buat pengembangan (R&D). Ini untuk jenjang dikmen.
Karena setiap jenjang berbeda kaidahnya. Untuk dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
dan untuk dikdas,
kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
adalah link kesharlindung beliau. pendaftaran dan seleksinya melewati portal
itu. Terbuka untuk semuanya. Ada beberapa syarat administrasi yang diminta
misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan
lainnya
-
tahap pertama seleksi administrasi
kemudian dilakukan penilaian proposal penelitian.
apabila lolos maka akan
mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud.
-
setelah itu melakukan penelitian pelaksanaan
disekolah dan mengirim kembali ke portal sebagai laporan akhir penelitian dilakukan
seleksi dan didapatkan peserta finalis yang akan kembali di undang untuk
mempresentasikan hasil karya ilmiahnya.
-
untuk jenjang sma ada 3 bidang sma, smk
dan sekolah inklusi. Untuk jenjang dikdas kalau tidak salah langsung mengirim
laporan hasil penelitiannya. bidangnya ada ipa, soshum dan lainnya. mohon
koreksinya bila salah. Waktu tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai
finalis. SMA 50 dan SMK 50. waktu itu belum ada inklusi. Tahun 2018 format
dibedakan kembali. Ada kategori utama bagi peserta yang pernah juara, madya
yang pernah masuk finalis namun belum juara dan pemula bagi yang pertama kali
mengikuti.
-
Tes yang dilakukan saat babak final
meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian. Tes
tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal. Tahapan lomba inovasi
paling tidak seperti itu bapak ibu, nanti bisa ditambahkan apabila ada yang
terlupa.
Sekarang
mengenai inovasi yang saya lakukan di sekolah. Sekolah saya di ujung alor.
Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya.
Berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur
leste yang dipisahkan oleh selat,. Kami ke Dili lebih dekat daripada ke kupang
bila naik kapal atau pesawat : minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan
dan tantangan untuk berbuat lebih baik. Tahun 2016 itu terinspirasi dari sebuah
proyektor hologram 3d. Saya ingin menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak
punya gambaran sama sekali, biar menarik saya coba membuatnya.
Pertama
terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai
tempat hologramnya dan hp android sebagai penayang video atau gambarnya. Mika
cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut limbah. Namun setelah
lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30rbu
seukuran kertas A4. Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam.
Saya menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya. Setelah
produk jadi saya nilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. Atau layak untuk
digunakan dalam pembelajaran. Setelahnya saya ujicobakan ke anak dan
mendiseminasikan ke teman guru lain, hasil yang didapar minat dan hasil belajar
anak meningkat.
Tahun
2018, sudah punya gambaran dan pengalaman sebelumnya. Jadi lebih siap dengan
apa yang harus dilakukan. media ini saya kasih Millea : Mikroskop lensa laser
tenaga surya, dapat ide juga saat mau pembelajaran struktur tumbuhan. Tidak ada
mikroskop untuk pengamatan, padahal biologi 40 persen praktek di lab yang
membutuhkan alat salah satunya mikroskop.
Media
ini juga sederhan, hanya hp yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak
yang biasa dipakai untuk sorot-sorot itu sehingga perbesarannya bertambah sudah
cukup untuk dapat melihat struktur anatomi tumbuhan. walaupun belum maksimal
namun ada hal baru yang anak dapatkan.
Dari
2 ide itu, saya beruntung mendapatkan nomor juara. Mungkin mereka merasa kasihan
melihat saya guru kampung yang jauh-jauh datang ke Ibukota untuk belajar. Dari
awal niatnya hanya buat belajar, bukan ikut berkompetisi.
Tahun
2108 yang berencana untuk ikut ambil bagian. Dan sisanya bonus saja. Dapat
berkenalan dengan teman guru se Indonesia. Karena tidak menyangka saja, saya
yang biasa di hutan bisa berada di tengah-tengah mereka. Mungkin itu bapak ibu
hebat yang dapat saya bagikan mengenai pengalaman mengikuti lomba inobel. Kurang
lebihnya saya mohon maaf, dan bisa disambung dengan sharing.
Pertanyaan dan Jawaban
Saya Achmad Husin dari
Bangka .pertanyaan saya, inovasi pddkn yg bgmn,yg dpt mbuat guru sukses ikut
olimpiade ?
-
Bidang inovasi itu banyak sekali pak.
Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti
olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa pak? strategi pembelajaran
mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut. 🙏
Perkenalkan saya Rachmi dari Banyuwangi, mau
tanya utk om Arif...menarik sekali penelitian karya ilmiah yang dilakukan
menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik sebagai hologram dan millea utk
anatomi tumbuhan pengganti mikroskop, pertanyaan saya 2 ide itu yg akhirnya
juara atau yang millea saja? Boleh share foto media milleanya?
-
Sangat kreatif, memang pantas menjadi
juara👏👏👍🏻
Sy, Asfia dari Kudus
Bp. Arif mohon idenya
untuk karya inovatif utk mapel kimia yg bermanfaat dan tidak sulit utk anak
sekolah, terimakasih.
-
Terimakasih ibu Asfia, kimia masih
serumpun dengan mapel saya ibu. dan terkadang saya juga ikut mengajar kimia.
Karena tidak ada guru kimia. Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah
beda-beda ibu. Media yang saya buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus. Namun
saya melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Siswa
saya yang dikampung saja punya android, padahal tidak bisa dipakai. Mungkin itu
bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan sebuah media digital bagi
mereka.
Assalamualaikum pak
Arif,saya Nora dari Semarang,,mohon maaf sebelumnya,,pak Arif apakah lulusan
Unnes? wajah nya sepertinya saya familiar. Tapi mohon maaf jika salah.
Ada beberapa hal yang saya tanyakan
1. Bagi guru 2 yang ingin
ikut kompetisi seperti itu tetapi terhalang NUPTK yg blm keluar, apakah pak Arif
mempunyai kekuatan info terkait lomba yang tidak mempermasalahkan NUPTK?
2. selama pandemi,
inovasi apa yg bapak lakukan ketika mengajar? Terkait kita harus WFH dan siswa
LFH?
3. Untuk mikroskop tadi,
preparat yang digunakan tetap preparat pada umumnya ataukah bagian tumbuhan
asli?
- betul ibu saya lulusan
Unnes. dan pernah mengabdi di Sma 14 semarang.
1. Setau saya sekarang
syaratnya tidak menggunakan nuptk ibu, hanya tangkapan layar dapodik yang
menandakan bahwa guru tersebut jelas mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah
kami belajar dirumah. Kegiatan belajar kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi
perwilayah atau daerah. setiap jam pelajaran di hari tertentu salah satu siswa
yang mempunyai HP mencari tempat sinyal. Kemudian disampaikan tugas berbentuk
portofolio dan laporan. Ketika nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain
itu saya juga membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja
seperti praktek biasa, namun masih terbatas pada struktur tumbuhan.
Muh. Said Makassar,.Pertanyaan
:
1. Bagaimana langkah
membuat inovasi pembelajaran ?
2. Yang mana lebih tinggi
nilainya menggunakan bahan bekas daripada bahan modern dlm inovasi pembelajaran
?
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk
baru berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis
besarnya : Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang
dipakai hanya salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah
ditiru, dan seberapa manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi.
perkenalkan saya Lya
fransiska dari Bali, saya ingin bertanya dalam pembuatan karya inovasi seperti
yang Anda telah lakukan biasanya kendala apa yang paling anda rasakan dalam
pelaksanaannya??? dan apakah sebuah karya inovasi haruskah berdasarkan pada 1
tingkat kemampuan anak didik atau karya inovasi yang dibuat harus bisa menaungi
semua kemampuan peserta didik?
-
kendala yang biasa muncul ya hasilnya
tidak sesuai dengan harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke
ahli. Inovasi yang dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar
belakang yang kita tulis. Dalam media yang saya buat tidak bisa menaungi semua
kemampuan. 🙏
Selamat siang saya Ni
Kadek Sumertini dari SLB N 1 Buleleng Bali,,
Sangat menarik sekali
karya inovasi yang dishare,,pertanyaan saya: Karya inovasi itu ditulis dalam
bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
Terima kasih
-
Baik terimakasih ibu Ni Kadek. inovasi
dapat ditulis dalam format karya ilmiah apapun ibu.
-
Kalau pengembangan berarti mengikuti
penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti
penulisan penelitian PTK atau eksperimen. bahkan apabila kita mencoba sesuatu
yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam
penulisan best practice.
-
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari
bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau
tertulis dalam karya ilmiah.
Selamat siang Perkenalkan
saya putrin dari Blitar mau tanya dan ingin mengeri tentang langkah awal dan
cara membuat karya ilmah sampai bisa sukses itu gimana pak. Terimakasih.
-
penulisan karya ilmiah seperti kita
membuat skripsi saat kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat,
metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan
karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri. Insyaallah saya cari terlebih dahulu.
Saya Sri Budi Handayani
dari Gresik mau bertanya. Sebelumnya saya mengucapkan selamat atas prestasi yang sudah diraih
Bapak. Apakah Bapak guru Biologi dan juga guru Komputer?
Gr itu singkatan apa
Pak.Maaf, Di belakang nama Bapak.
-
Gr itu gelar yang diberikan setelah
mengikuti Pendidikan Profesi Guru selama setahun. Gr itu sebutan Guru di
sertifikat pendidik.
Assalamualaikum Pak Arif,
sy Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, bs sharing ke kami pak...apa
kriteria utama penilaian dewan juri
terhadap sebuah karya inobel? Trmksh🙏
-
Maaf terlewat. saya guru biologi saja ibu
namun suka komputer. Terimakasih pak Candra, instrumennya banyak. nanti saya
share ya pak. Namun yang utama untuk produknya orisinal atau keterbaruan, kebermanfaatan
atau dampak, mudah ditiru atau digunakan.
Selamat siang Pak Arif D.
Bagaimana minat dan hasil anak sebelum menemukan alat ( karya inovatif) Apakah
ada ide lain untuk mrngembangkan karya itu.
Bagaimana guru yg lainnya. Apakah juga membuat karya inovatif yg juga
memilili manfaat untuk anak2). Rifatun Salatiga JawaTengah.
-
Wassalamualaikum. Terimakasih ibu Rifatun. Hasilnya
minat anak naik signifikan ibu, saya membawa produknya saja mereka sudah
tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada hal baru yang merrka
dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil belajar didapat dari nilai
tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an meningkat menjadi 50an. Nah nilai
tugas yang baik. Sebelumnya untuk mengumpulkan tugas saja selalu terlambat
sekarang ada perbaikan. Untuk guru kami masih kurang ibu. Di sekolah kami ada
15 guru. 3 pns dan lainnya kontrak. Inovasi ini yang pertama di sekolah.
Setelahnya saya ajak teman guru untuk ikut bergabung dan mengembangkan
kelasnya.
Assalamualaikum.....saya
ika siswati dari kota tangerang mau menanyakan.....dari dua narasumber yang
dihadirkan yang kemarin bp. tri agus cahyono, M.Pd. dan sekarang Bp. Arif d. .
Dari inovasi pembelajaran yang dihasilkan keduanya sama-sama menggabungkan
antara media/ alat peraga dengan teknologi. Pertanyaannya apakah kriteria
pembuatan inobel untuk tingkat nasional pak?
-
Terimaksih ibu Ika. Ada instrumen
penilaian sesuai standar penyelenggara ibu. Sistematika laporan, Penilaian
media hingga intrumen penilain presentasinya. Nanti setelah selesai saya
bagikan melalui Mr Bams atau OmJay. Ada panduan dan formatnya.
Selamat sore pak, sesuai
pengalaman bapak, metode apa yang paling dominan bapak gunakan dalam proses
belajar? Apa alasan bapak menggunakan metode tsb? Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.
-
Selamat sore Pak Yulius, terimakasih. yang
paling dominan sya menggunakan metode diskusi, pengamatan dan penyampaian
hasil. Biasanya dengan model Projek based learning atau Problem based learning.
Alasannya kedua model tersebut dapat menggali kemampuan siswa secara
sebenarnya. Tak hanya kognitif namun menyeluruh.
Om Arif. Pekenalkan nama
saya Nurhaida dr Riau. Bagaimana cara memotivasi siswa yg lebih suka membantu
ortunya dikebun karet dari pada kesekolah. Ada juga murid yg suka mengganggu
temannya. Sepertinya hrs sekolah ke slb. Tapi di tempat saya belum ada sekolah
slb. Saya kewalahan jadiya. Terima kasih ilmunya Om Arif.
-
terimakasih ibu nurhaida. Hal yang sama terjadi di kami. Orangtua lebih
suka anaknya bekerja diladang untuk membuka hutan atau mencari hasil. yang pernah kami lakukan adalah visit home
ibu. bertemu keluarga dan anaknya menjelaskan pentingnya sekolah. Minimal
sampai SMA lah, kesadaran untuk belajar masih rendah. Untuk siswa yang
berkebutuhan khusus harus mendapatkan perhatian lebih diabanding siswa lainnya
ibu. Sekarang masuk sekolah inklusi. mohon maaf itu juga saya belum punya pengalaman.
Kalimat pesan buat
teman-teman
-
Terimakasih Om Bams, dan semangat bapak
ibu guru, semoga diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mendidik anak bangsa.
Aamiin.....
-
Mohon maaf lahir bathin jika ada yang
kurang berkenan. mohon maaf bapak ibu guru bila salah penyampaian kata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar