Senin, 20 April 2020


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 9
RESUME PERTEMUAN 7
Hari /Tanggal     : Kamis, 16 April 2020
Waktu                 : Pukul 19.00 – 21.00
Pemateri             : Arif Ahmad Jaya, DVM, MM (Mr. Sugesti Indonesia)
Topik0                : Mengajar Gaya Motivator
Peresume            : Ariyani, SPd. AUD (ariyaniayla45@gmail.com)
Resume               :

                Dalam masa pandemi guru mengajar dari rumah (Work From Home/WFH). Yang membuat perubahan gaya mengajar yaitu bukan dengan tatap muka tetapi dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Hal ini sesuai dengan kebijakan Permendikbud tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Covid-19.
                Tidak semua guru siap dengan pembelajaran jarak jauh. Maka dibuatlah 3 opsi pembelajaran jarak jauh, yaitu:
1.Pembelajaran melalui Daring (Online)
2.Semi Daring (Metode Penugasan Manual dan mengirim tugas melalui WA
3.Penugasan secara terstruktur
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tidak menjadi masalah bagi guru-guru yang sudah biasa melaksanakan Pembelajaran Blended learning/Flipped Classroom. Namun bagi guru yang belum mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran sehari-hari tentu saja menjadi masalah.
                Moment anak belajar di rumah dalam masa pandemi membuat guru dan siswa tidak bisa bertemu, bertatap muka. Sebagai guru kita harus Kembali belajar seni mempunyai rasa untuk dicintai dan dirindukan oleh anak didik sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Ada 10.000 audiens Bapak Arif yang telah merasakan pendekatan MGM (Mengajar Gaya Motivasi). Yaitu bagaimana Anda menjadi pribadi yang menarik, menyenangkan, pribadi yang mampu menginspirasi, mampu membuat anak didik mencintai Anda sebelum mencintai pembelajaran yang anda berikan.
Berdasarkan niat, guru dibagi menjadi 2, yaitu:
1.GURU BETULAN
Adalah guru yang diidamkan. Dari awal Ia sudah ingin menjadi seorang pendidik. Ingin mengajar dan  ingin menjadi guru sehingga ia menjadi guru yang diidamkan, selalu punya energi untuk mengajar dan bertemu dengan siswa untuk mengeluarkan keilmuannya.
2.GURU KEBETULAN
Adalah guru yang sebelumnya menjadi guru karena kebetulan.
-Kebetulan ada lowongan menjadi pendidik lalu Ia menjadi guru
-Kebetulan sedang menunggu lulus dari universitas, sambil menunggu pekerjaan dan akhirnya diterima dan menjadi guru seterusnya.
-Kebetulan ada Yayasan orang tua yang butuh guru, butuh dimanage, sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua, akhirnya Ia pun menjadi guru, menjadi pendidik di Yayasan tersebut.
-Kebetulan ada teman yang mengajak menjadi guru, daripada menganggur maka menjadi guru.
                Apakah menjadi GURU KEBETULAN ITU SALAH? Salah kalo kebetulannya terus menerus dan tidak mau belajar. Namun guru kebetulan kadang akan bisa menjadi guru betulan, bila Ia mau belajar dan mau mengerti bahwa ini adalah bagian proses yang harus dihadapi. Bisa menjadi guru yang mencintai dan dicintai. Dapat menyelami kegiatan belajar mengajar yang baik.
                Yang menjadi masalah adalah bila Anda tidak mau menerima profesi anda sebagai seorang guru. Bila Anda mau menerima profesi sebagai seorang guru, sebagai bagian yang mulia, maka Anda akan dapat memberi pembelajaran dengan menyenangkan, dapat menginspirasi anak didik, mencintai ilmu yang Anda sampaikan, maka sebetulnya buahnya akan manis bila ia adalah guru yang mencintai profesinya.
                Apa artinya bila GURU BELAJAR tapi tidak mau belajar, menyampaikan materi asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya. Oleh karena itu, “Selamat datang kepada guru yang mau menginvestasikan waktunya untuk belajar” MGM atau mengajar gaya motivator mencoba membantu guru yang dicintai, dirindukan, dan akhirnya diijinkan kehadirannya untuk memberikan pembelajaran apapun. Apapun pembelajaran yang Anda bawa, murid akan mencintai dan menjadikan murid mencintai ilmu. Sesungguhnya Guru adalah kurikulum sesungguhnya.
                Ada 3 tipe guru berdasarkan KINERJA, yaitu:
1.GURU NYASAR
Guru Nyasar adalah guru yang tidak mempunyai tujuan atau arah, ia guru yang menyesatkan. Mengapa?
-Karena murid bisa-bisa membenci pembelajaran saat ini, karena guru tidak punya energi.
-Murid-murid bisa-bisa membenci apapun yang disampaikan, karena guru tidak punya target dan tidak punya energi sehingga murid jenuh. Guru Nyasar sebaiknya menyadari atau lebih baik mundur. 
2.GURU BAYAR
Guru Bayar adalah guru yang mengajar terkait uang, Ia mengajar berdasarkan energi uang sehingga tidak konsisten. Saat tanggal muda mukanya terlihat cerah dan mengajar dengan ceria karena habis gajian. Terkadang guru ini mukanya terlihat menyedihkan, gara-gara pekerjaan ini tidak menghasilkan, tidak membuat kebutuhan terpenuhi. Guru Bayar disarankan segera sadar karena murid mendapatkan guru yang on off. Murid tidak mendapat figur yang benar-benar mampu menginspirasi.
3.GURU SADARi
Guru Sadar adalah guru yang kehadirannya mampu membuat murid mencintai, kata-katanya mampu menyadarkan, pembelajaran keilmuan mengasyikan, kehadirannya menyenangkan dan kepergiannya dirindukan
MGM adalah sebuah metode BAGAIMANA ANDA MENJADI SEORANG GURU YANG SADAR, yaitu:
-          guru adalah profesi yang mulia yang menghantarkan keilmuan, anak mendapat kepahaman sehingga anak mampu menghadapi permasalahan sesuai jamannya. Guru mempunyai karakter kebaikan dan keilmuan yang layak dicintai dan murid mencintai ilmu.
-          Menyadari bahwa suatu hari bila Ia meninggal maka murid ini yang akan menjadi amal jariyahnya.
-          Ilmu yang ditinggalkan akan menjadi inspirasi bagi orang yang ditinggalkan.
-          Menyadari bahwa Ia adalah magnet bagi kecintaan siswa terhadap ilmu yang dia bawa.
-          Menyadari bahwa Ia sebuah keilmuan yang dihadirkan melalui dirinya.
Sehingga Anda menjadi guru sadar, mari belajar MGM, menjadi seorang guru yang “Datang menyenangkan, Pulang dirindukan”, guru yang menarik, menyenangkan dari bel pembelajaran pertama sampai bel pembelajaran terakhir.
Ada 5 langkah yang bisa dipraktekan dalam MGM.
Bagaimana peran seorang guru yang sesungguhnya ?
1. Mengajar
Terkadang guru lebih fokus mengajar, memindahkan kurikulum, keilmuan ke pikiran anak. Bila guru hanya sekedar mengajar, Ia akan kalah dengan metode dan pola mengajar lainnya, padahal anak bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru, yaitu kelas online. Bisa dengan menggunakan Youtube, misalnya .
2.Mendidik
Bila guru mampu mendidik, Ia akan menjadi idola, dicontoh dan ditiru, diharapkan guru bisa memasukkan nilai-nilai atau norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh anak didik dalam keseharian. Kedisplinan, kejujuran, bisa dipercaya, bekerja sama, pintar berkomunikasi, menolong, Anda bisa memasukannya lewat pembelajaran apapun. Jika Anda guru IPA, ajarkan bagaimana anak bisa bersyukur, menjaga lingkungan alam. Bila Anda guru matematika, Anda bisa ajarkan kejujuran dan kedisiplinan melalui pembelajaran matematika.  
3. Menginspirasi
Guru yang mampu menginspirasi adalah Ketika Anda mampu menunjukkan keteladanan, energi Anda dengan sepenuh hati pada anak didik anda. Anda adalah motivator. Karena dari apa yang Anda didik Ia akan menginspirasi, mewujudkan Anda sebagai bagian dari history/sejarah dan bukan story/cerita.
4.Menggerakkan
Guru yang mampu menggerakkan mereka, apa yang Anda inginkan, melakukan apa yang Anda sarakan.
GURU YANG BAIK adalah Guru yang tidak hanya mampu mengajar dan mendidik tetapi Ia mampu menginspirasi dan menggerakkan murid-muridnya.
TIPS MGM (MENGAJAR GAYA MOTIVATOR)
1.Jadilah Guru yang menarik dan menyenangkan
      Guru yang menarik adalah guru yang mempunyai daya Tarik. Sedangkan guru yang menyenangkan adalah guru yang punya daya  yang menjadikan murid Anda merindukan Anda. Untuk menarik dan menyenangkan Anda harus mempelajari pola sederhana “PUNYA RASA”. Coba buktikan, Anda akan punya rasa baru, yangmembuat anda diterima oleh murid-murid Anda.
      Bagaimana menarik dan menyenangkan ? Menarik dimulai dari apa yang terlihat, jika tatapan pertama murid sudah nyaman dengan Anda maka Anda sudah masuk ke daya Tarik.. Menyenangkan adalah apa yang terasa. 3 langkah sederhana untuk menjadi guru yang menarik:
1.Persiapkan diri dengan Latihan sebanyak mungkin bagaimana menjadi orang yang menarik, mempunyai kepribadian, mempunyai daya Tarik. Misal, siapkan penampilan terbaik.
2.Berperilaku menjadi sosok yang menarik baik saat di dalam dan di luar kelas.
3.Tunjukkanlah bahan ajar yang benar-benar layak untuk diijinkan oleh murid-murid Anda. Ketika murid mengijinkan, dirinya memperhatikan.
      Dalam pikiran murid ada 2 pintu, yaitu pintu mengijinkan dan tidak mengijinkan.
1.Pintu Mengijinkan, maknanya pikiran MGM. Pintu Terbuka artinya anak nyaman, senang belajar dengan anda.
2.Pintu Tertutup artinya anak menolak, tidak senang belajar dengan Anda. Bagaimana Pintu Tertutup menjadi terbuka dan tidak menolak?
      Sebelum murid menerima pembelajaran yang Anda bawa, mereka harus menerima Anda. Agar mau mengijinkan Anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan, mampu memahami, mereka adalah pribadi yang berbeda dengan Anda. Misalnya Anda seorang guru TK, maka Anda harus berperilaku seperti anak TK berperilaku. Bila Anda guru SD, Anda harus memahami bagaimana kondisi anak SD kekinian, mereka beda dengan Anda. Jadi, jangan paksa anak untuk mengerti Anda, tapi Anda yang harus mampu mengerti mereka. Anda harus mampu mengubah “ME” menjadi “DI”. Ingin Dilayani menjadi Melayani. Ingin Dihargai menjadi menghargai. Ketika anda mampu mengerti bahwa Anda  diterima, maka Anda diijinkan dan diberi kesempatan, Anda harus bersama mereka. Sehingga Anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan.
      Murid/anak lebih menyukai sesuatu yang menyenangkan daripada sesuatu yang penting. Sesuatu yang menarik, lebih diterima daripada sesuatu yang penting tapi tidak menarik. Jadi, Guru harus belajar secara terus menerus menjadi pribadi yang menyenangkan. Sehingga Anda benar-benar diterima/diijinkan, pikiran murid terbuka untuk Anda, pintu terbuka untuk Anda. Murid akan menerima apapun yang Anda bawa. Dengan demikian Anda sudah berhasil menjadi pribadi yang menyenangkan.
Contoh Bagaimana murid membuka pintu mengijinkan untuk Anda:
1.Pastikan Anda masuk dalam kondisi yang senyum, minimal nyaman. Permasalahan Anda bukan permasalahan mereka. Senyum 1 2 2 5: 1 dari hati, 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri, cukup 5 detik.
2.Sapa dengan salam yang berbeda, misalnya dengan kalimat pembukaan, “Semoga siswa yang menjawab salam saya cerdas otaknya”. Dapat dipastikan semua anak akan membalas salam Anda.    
    Selanjutnya berikan simulasi atau games sederhana. Lakukan ATM (Amati tiru modifikasi) dan 4M (Niteni niru nambah-nambahi nemu). Selalu puji anak saat bermain games. Siswa akan merasa Bahagia karena suasana kelas tidak garing di awal pembelajaran dan otomatis siswa akan lebih siap belajar dan mendengarkan instruksi Anda.
3.Apresiasi prosesnya, “Tangkap basah kebaikan, tempa besi selagi panas”. 3.Berikan apresiasi. Ungkapkan apresiasi Anda kepada siswa. Tangkap basah kebaikan “Tempa besi selagi panas”. Beri apresiasi secara personal maupun massal. Ketika Anda mudah mengapresiasi/menghargai usaha anak maka sesungguhnya Anda sudah diterima. Mereka akan membela Anda dan berjuang bersama Anda. Dengan menghargai Anda akan dihargai. Guru yang pelit apresiasi adalah guru yang menjerumuskan murid, murid tidak akan suka kepada guru dan bosan dengan pelajaran yang diberikan guru. Jadilah kebaikan bagi masa depan anak didik.
      Contoh: Ada seorang anak berangkat ke sekolah lebih awal. Sapalah Dia dan katakan, “ Kamu hebat!, kamu akan jadi orang sukses” atau jika berada di suatu kelas yang susah diatur katakan, “Saya suka kelas ini, kelas ini keren, saya bangga menjadi wali kelas kalian”. Anak merasa guru sudah berubah menjadi guru yang menarik.
2.Temukan titik lebih/nilai tambah siswa dan motivasi melalui titik lebih mereka. Berikan momentum/kesempatan untuk menjadi seseorang berdasarkan nilai lebih dan kehebatannya. Masuklah melalui nilai tambah mereka lalu beri kesempatan anak melalui nilai unggulnya maka keunggulan-keunggulan lain akan mengikutinya. Puji kelebihan anak namun ingatkan anak untuk tetap mempelajari hal lain. “Orang yang hebat adalah orang yang mampu menciptakan dan menghantarkan kehebatan generasi setelahnya karena memberikan momentum hebat bagi muridnya”. Libatkan anak menjadi pemain, bukan sekedar penonton.
Bagaimana menemukan nilai lebih/kehebatan anak:
      Guru harus mampu memberikan momentum/kesempatan hebat dari masing-masing siswa  berdasarkan nilai lebihnya, dengan tujuan agar mereka merasa menjadi bagian dari orang yang dipercaya. Guru yang hebat akan mampu memberi kepercayaan kepada siswa agar menjadi murid yang hebat. Murid diolah menjadi orang hebat dengan menjadikannya duta bagi sekolah berdasarkan nilai lebih yang dimiliki siswa.
3.Libatkan murid menjadi bagian dari sejarah kehidupannya/pemain. Libatkan siswa untuk memberikan ide/gagasan/pendapatnya yang mereka harapkan selama ini, maka Ia akan ikut bertanggung jawab terhadap ide yang dijalankan. Karena mereka merasa terlibat dalam memberikan usul/idenya. Hal yang berbeda terjadi bila hanya guru dan kepala sekolah yang beride. Dalam hal ini guru telah memberikan kesempatan siswa menjadi bagian dari sejarah. Guru yang hebat adalah guru yang mampu mewujudkan kehebatan siswa karena melibatkan muridnya dalam proses kehebatan masa depannya (mampu menhebatkan orang-orang di sekelilingnya). “Gagal adalah peristiwa, orang tidak pernah gagal, yang gagal adalah peristiwa”.
4.Selalu beri label positif pada anak. Label adalah bagian dari apresiasi.
5.Rayakan prosesnya.
Tips Mengajar Gaya Motivator / MIDAS TOUCH
1.Apresiasi proses menuju akhir
2.Mampu memberikan teladan, komitmen, konsisten, antusias dan integritas.
3.Jadilah pribadi yang punya keunggulan, keunikan, kreativitas dan nilai khas.
4.Hubungan interpersonal yang baik berdasarkan saling menghargai, hafalkan Namanya dan berilah label positif.
5.Hargai hal-hal yang kecil pada anak, selalu libatkan siswa dalam kegiatan belajar.

Profil Pemateri
Aris Ahmad Jaya
-          Pendiri dan CEO Lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO
-          Motivator sekolah unggul di Indonesia ( seperti Labschool Kebayoran, Labschool Jakarta; Al Azhar seluruh Indonesia; Global Islamic School Condet, Global Islamic School Serpong, dan lain-lain), Coach dan Konsultan
-          Penulis buku-buku best seller, diantaranya 30 Hari Mencari Jati Diri, Love Touch Parenting, Quotes Auto Sugesti Power, Endhorphine Teacher, Spirit of Success dan buku lainnya.
HP: 0812 – 1046 - 1034
Ig: @arisahmadjaya
ABCo SUGESTI MOTIVATINDO: 0812 – 1060 – 1858


Tidak ada komentar:

Posting Komentar